New Program - SYIS; Apa itu SYIS?

September 09, 2020

Masa pendami covid-19 yang terjadi di negeri tercinta mulai bulan Maret 2020 hingga saat ini sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan. Kedisiplinan dan ketaatan terhadap protokol Kesehatan menjadi perhatian yang pertama dan utama. Selalu menggunakan masker, social distancing, cuci tangan, stay at home, olah raga teratur, minum vitamin menjadi kunci dalam pencegahan penularan Covid-19.
Pemerintah melalui Kemendikbud mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait proses pembelajaran agar kegiatan belajar di satuan Pendidikan tetap berjalan. Melaui Dinas Pendidikan di daerah masing-masing setiap satuan Pendidikan dilarang melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Tempat Pendidikan tidak ingin mejadi klaster baru dalam penularan virus covid-19. Segalam macam proses pembelajaran dilakukan secara daring (online). Setiap satuan Pendidikan wajib melakukan Belajar dari Rumah (BDR) / PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).
Dari situasi ini satuan Pendidikan mendapatkan tantangan dan tututan baru dalam memenuhi hak belajar peserta didik selama masa pandemic covid-19.
Satuan Pendidikan bersama seluruh guru mengupayakan berbagai macam media, metode dan sarana prasarana untuk memenuhi harapan tersebut. 
Dalam kondisi serba jarak jauh (online) satuan Pendidikan berupaya juga menemukan cara yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran, pengawasan, informasi dan komunikasi yang berhubungan dengan peserta didik maupun orang tua.

Satuan Pendidikan harus mampu menjamin bahwa komunikasi, Konfirmasi dan informasi dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat. Pengawasan terhadap semua proses pembelajarannpun dapat berjalan dengan maksimal. Maka untuk menunjang dan mewujudkan maksud tersebut dibutuhkan sebuah sarana atau system yang dengan mudah diakses oleh seluruh warga sekolah. Terutama peserta didik dan orang tua. Dari kebutuhan tersebut SMP Katollik Santo Yusup membuat Santo Yusup Information System sebagai sarana Komunikasi, Konfirmasi, Informasi dan Pengawasan.
Tujuan program SYIS di SMP Katolik Santo Yusup Mojokerto adalah

  1. Memberikan kemudahan dalam komunikasi, konfirmasi dan informasi dalam hal agenda Bulanan Sekolah
  2. Memberikan kemudahan dalam komunikasi, konfirmasi dan informasi dalam hal agenda harianSekolah
  3. Memberikan kemudahan dalam komunikasi, konfirmasi dan informasi dalam hal tagihan Keuangan Sekolah
  4. Memberikan kemudahan dalam komunikasi, konfirmasi dan informasi dalam hal Tagihan Tugas Peserta didik
  5. Memberikan kemudahan bagi orang tua murid mengontrol penyeselesaian tugas-tugas mata pelajaran putra-putrinya 

Bentuk dari kegiatan SYIS ini adalah tersedianya layanan informasi untuk peserta didik dan wali murid dalam hal proses pembelajaran (tugas), keuangan dan informasi sekolah  antara lain :

  1. Layanan Informasi kegiatan bulanan
  2. Layanan Informasi kegiatan Harian
  3. Layanan Informasi Tagihan Tugas Guru Mapel, SIP (spiritual’s inspire maupun IM (inspire’s Moment)
  4. Layanan Informasi Tagihan / Tunggakkan Keuangan
  5. Remainder keuangan

Cara mengakses SYIS
1. Akses informasi :

  • Untuk mendapatkan informasi dari berbagai layanan yang tersedia, para orang atau peserta didik dapat mengkases kapan saja dan dimana saja.
  • Para pengakses wajib hafal No Induk peserta didik
  • Akses layanan informasi menggunakan No Induk peserta didik

2. Update data:

  • Update data informasi dilaksanakan harian oleh tim IT
  • Perubahan data dapat diakses setelah pukul 17.00 setiap hari

Dengan adanya SYIS keuntungan yang didapat :

  1. Mempercepat dan mempermudah untuk mengetahui informasi harian dan bulanan sekolah
  2. Mempercepat dan mempermudah mengetahui tagihan-tagihan tugas yng belum terselesaikan oleh peserta didik
  3. Orang Tua dengan mudah mendapatkan informasi tentang keuangan sekolah
  4. Orang Tua dengan mudah mengontrol dan mengawasi penyelesaian tugas-tugas putra-putrinya
  5. Memberikan kemudahan mempercepat konfirmasi jika ada hal-hal yang keliru dalam updating data maupun informasi

Untuk dapat mengakses masing-masing informasi yang dibutuhkan adalah :
- Menyimpan No HP SYIS
- Mengetahui No. Induk Peserta Didik / putra-putrinya
- Mengatahui kode akses

  • Informasi Bulanan
Ketik ABS spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Informasi Harian
Ketik AHS spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Informasi Rapor Bulanan
Ketik RB spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Informasi Tagihan Keuangan
Ketik TK spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Informasi Tagihan SIP
Ketik SP spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Informasi Tagihan IM
Ketik IM spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083
  • Infomrasi tagihan Tugas
Ketik TT spasi NO INDUK kirim ke 0822-3338-2083

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar