New Program: Inspire's Moment - Mengapa ada?

September 09, 2020

Perkembangan dunia yang semakin cepat memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Generasi milineal begitu Bahasa kerennya untuk menyebut indentitas diri anak-anak muda jaman ini. Semua menjadi serba cepat. Dalam hitungan detik, menit semua dapat dengan mudah didapatkan.
Pengaruh teknologi yang luar biasa besar juga berimbas pada berubahnya pola piker, cara berpikir, bertindak dan bersikap kebanyakan remaja jaman ini. Mereka sudah kehialangan rasa empati dan simpati. Mereka kehilangan dan merasa tidak butuh motivator – idola-idola atau inspirator lagi untuk hidupnya. Keluarga dalam hal ini orang tua yang seharusnya menjadi role model bagi anak-anak secara perlahan mulai bergeser dan hilang. Mereka tidak menganggap lagi orang tua sebagai idola, teladan bahkan motivator dalam hidup remaja saat ini.

Keluarga menjadi kehilangan peran dan menjadi kurang berdaya menghadapi anak-anak yang berubah begitu cepat. Anak-anak menjadi kurang terkontrol. Mereka menjadi kehilangan arah, penunjuk jalan. Mereka berjalan sesuai dengan keinginan diri – kepuasan diri – kenikmatan diri tanpa memperdulikan  akibat yang akan muncul.
Situasi ini perlu kembali direfleksikan dan dicari jalan lain untuk kemballi memulihkan apa yang telah mulai hilang.  SMP Katolik Santo Yusup menamai Program ini dengan sebutan IM (INSPIRE’S MOMENT). Program ini untuk sedikit menjawab persoalan-persoalan diatas.
Dalam program ini peserta didik berliterasi dengan membaca, mengamati, menulis, melihat dan mendengarkan kisah-kisah inspiratif mulai dari para kudus, tokoh-tokoh kitab suci, tokoh-tokoh dunia, tokoh-tokoh nasional. Pewayangan, kisah hidup orang tua dan lain sebagainya. Program ini dapat menggugah kembali semangat, motivasi diri peserta didik untuk kembalil bangkit memperjuangkan harapan-cita-cita hidupnya. Peserta didik mau dan mampu meneladan  sikap - cara berpikir – tindakan – pemikiran tokoh-tokoh yang disajikan.
Apa yang didadapt peserta didik jika melaksanakan program IM ini ? Tentu saja IM merupakan sebuah proses yang hasil hasilnya tidak dapat langsung dinikmati begitu saja. Tetatpi harapan menjadi lebih baik tentunya :
  • Menumbuhkan kembali semangat keteladanan hidup bagi peserta didik
  • Menumbuhkan kembali cara pikir – cara bertindak – bersikap yang benar
  • Memberikan inspirasi hidup bagi peserta didik
  • Meneladani sikap, prilaku, tindakan, perbuatan yang baik dan benar dari tokoh-tokoh yang disajikan
Bagaimana program ini disajikan untuk peserta didik ?
Bentuk dari kegiatan IM ini adalah :
  1. Kegiatan membaca, melihat, mengamati, mendengar dan menulis kisah-kisah inspiratif dari tokoh-tokoh yang disajikan
  2. Dikerjakan dalam kurun waktu satu bulan sekali
  3. Masuk dalam tagihan tugas sekolah.
IM itu sendiri dilaksanakan : 1) Durasi 1 bulan  sekali , 2) Tugas wajib : membaca, melihat, mendengar lalu merefleksikan dalam bentuk tulisan dengan menjawab pertanyaan, 3) Tugas dikirm melalui google form atau foto, 4) Peserta didik wajib mengirimkan hasil pekerjaannya, 4) Dikirim ke link yang sudah tersedia







Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar