PILIH SMPK SANTO YUSUP. ADA APA DENGAN SMPK?

November 11, 2019
MENGAPA DI SMPK SANTO YUSUP?

Jika Anda mendapatkan pertanyaan dimana harus memilih apa jawaban Anda?  
  1. Anda memilih jadi orang pintar atau orang cerdas ? 
  2. Anda memilih jadi orang yang juara atau bermental juara ? 
  3. Anda memilih jadi orang yang berprestasi atau orang yang punya hati? 
  4. Anda memilih jadi orang yang terkenal / dipandang atau orang yang layak diperhitungakan ?
Menjadi juara dalam hal akademis itu merupakan hal yang sangat baik, layak untuk diperjuangkan. Berprestasi dalam bidang non akademis juga sangat bangat baik dan juga layak untuk diperjuangkan. Tetapi apakah keduanya akan mampu memberikan jaminan pada kehidupan dimasa datang ? Apakah keduanya mampu bertahan dalam keadaan ataupun situasi yang tak terduga yang mungkin akan dihadapi?

Ada banyak contoh orang-orang pintar yang gagal dalam hidupnya. Banyak juga orang -orang yang mempunyai prestasi sangat baik dibidang non akademis juga tak mampu bertahan dengan kehidupannya yang baik.

Mengapa hal ini bisa terjadi. Yang salah bukan juaranya ataupun prestasinya tetapi bagaimana orang tersebut mampu menyikapi dengan benar dan bertindak bijaksana terhadap juara ataupun prestasinya. Letak kelemahannya dimana ? Ada di “MENTAL dan SPIRITUAL” hidupnya.

Mental dan spiritual sebagai pondasi utama agar mampu mengolah, mengelola hidup ( apa saja yang diterima, diusahakan dan digeluti dalam hidup).

Perkembangan jaman ini maju begitu pesat dan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan kehidupan kaum remaja dan muda saat ini. Tidak sediki anak muda kehilangan rasa hormat dan luntur cinta kasih, kehilangan kepedulian dan tak ada lagi tanggap rasa, egoisme merajalela mengoyak jiwa-jiwa muda, arah hidup anak muda tak menentu dan kehilangan pengharapan, tuntunan hilang dan tatanan menjadi lemah tak berdaya, ketaatan dan kepatuhan tak lagi bermakna, kekudusan hanya menjadi obrolan di antara anak-anak muda, keakuan yang berkuasa atas semuanya, manusia yang satu tidak lagi berharga bagi manusia yang lain. Sungguh memprihatinkan.

Jika situasi dan kondisinya sudah begitu apa yang bisa dan harus dilakukan sekolah?

Maka yang menjadi prioritas utama dalam proses pembelajaran dan program sekolah adalah  “menggarap” mental dan spiritual peserta didik. Mental dan spiritual menjadi kebutuhan yang mendesak untuk terus menerus dan intensif diupayakan. Pemerintah sudah mengupayakan dengan PPK (penguatan pendidikan karakter) yang masuk dalam seluruh pembelajaran. Apakah itu cukup?

Sekolah masih perlu mengaplikasikan PPK dalam program-program khusus yang berkelanjutan.

SMP Katolik Santo Yusup telah membaca situasi dan kondisi itu. Maka dengan segala daya upaya SMPK St. Yusup terus mengupayakan program-program penguatan mental dan spiritual dan program-program ini belum ada disekolah lain, tentunya. Seluruh program kami disusun secara berkelanjutan dan benar-benar “menggarap” mental dan spiritual peserta didik agar mampu menjadi modal hidup.

Prestasi apapun, juara apapun, kepintaran macam bagaimanapun ketika tidak memiliki mental dan spiritual yang matang akan hancur dikemudian hari.

SMP Katolik Santo Yusup sungguh-sungguh mengupayakan dan memperjuangkan bertumbuh dan terbentuknya mental dan spiritual yang matang untuk peserta didik yang telah dipercayakan., melalui SMPK PLUS (PROGRAM  LINIER UNGGULAN SEKOLAH):

1. APEL  PAGI:
Membiasakan peserta didik untuk disiplin, tertib, bertanggung jawab, selalu rapi, bersih, berseragam lengkap, nasionalisme dan taat – patuh.


2. STRONGER TOGETHER (ST):
Membangun relasi dan komunikasi yang baik antara anak dan kedua orang tua. Menumbuhkan rasa saling memahami. Orang tua tidak merasa paling benar dan anak tidak merasa menjadi obyek orang tuanya. Anak dan orang tua adalah satu keluarga. Membangun dan menumbuhkan kembali keutuhan keluarga. Mampu berjalan bersama dan bekerja sama untuk mewujudkan impian keluarga.


3. CATHOLIC BREAKTROUGH CAMP :
Sebuah program khusus yang bekerja sama dengan para instruktur dari Semarang, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Menjunjung tinggi nilai katolitas : taat, jujur, peduli, cinta gereja, dan keluarga. Sebuah program yang membangun dan menumbuhkan semangat baru, kekuatan baru dalam hidup berkomunitas. Kesadaran akan sikap, perikalu dan perbuatan negatif yang dilakukan pasti selalu berdampak pada orang lain, merugikan orang lain

Orang lain sebagai sesama bukan musuh yang harus dihancurkan, disakiti tetapi dirangkul, dikasihi, diperjuangkan sebagai saudara. Rasa solidaritas yang sangat tinggi, kekompakan, kerjasama dalam komunitas atau angkatan akan terjadi.

 
4. BREAKTROUGH VOLUTION  :
Memberikan kekuatan kepada masing pribadi untuk mampu mandiri dan unjuk diri. Mental pribadi teruji. Keberanian diri terasah.

Mampu melakukan banyak hal bukan hanya tergantung pada kelompok saja tetapi juga kemampuan dan kekuatan pribadi.

Pribadi menjadi lebih percaya diri, semangat dan powerful untuk menghadapi segala sesuatunya

 
5. TALENTAKU
Sebuah program tes on line untuk mengetahui bakat / potensi / kemampuan (keunggulan diri) dan juga mengetahui kelemahan diri.


Kemampuan diri yang sudah terdeteksi digeluti, diasah agar semakin tajam dan dapat berguna bagi orang lain. Kelemahan diri bukan menjadi penghambat ataupun pembatas diri untuk berkembang tetapi justru sebaliknya mampu menyiasati dan berkolaborasi untuk meminimalisir hal-hal yang merugikan.


Talentaku akan memberikan rasa optimisme dan gairah baru bagi anak-anak.

 
6. DEVELOPMENT ENTERPRENEURIAL INTELEGENCE :
Kematang pribadi yang telah terbentuk, kematang dalam kelompok sudah kuat, saat mengajak mereka untuk belajar hidup : berhadapan dengan orang lain, berhadapan dengan barang, mengelola orang dan barang. Disinilah ketahanan dan kekuatan diri dan komunitas diuji.

 
7. LIVE IN :
Saatnya hidup mandiri jauh dari orang tua. Merasakan, menikmati, merenungkan segala sesuatunya. Mencoba belajar dari kehidupan orang secara riil, nyata. Mampu mengambil sari-sari hidup yang dapat menjadi modal hidup. Menambah keluarga baru, saudara baru.


8. FESTIVAL SENIORA (SENI, OLAHRAGA, AKADEMIS) ANTAR KELAS :
Melatih keberanian, kekompakan, kerja sama, menggali potensi secara mendalam dan menyeluruh untuk seluruh peserta didik. Semua terlibat, semua menjadi bagian dari jenis lomba yang diadakan.

Berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga dan kelas.


9. MALAM PENGHARGAAN SENIORA
Memberikan pengharga adalah salah satu cara kami untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah mempersiapkan seniora dengan baik. Memberikan apresiasi adalah cara kami memberikan teladan, penghargaan, penghormatan dan pembelajaran kepada pesertab didik akan pentingnya saling menghargai.

Kreatifitas, inovasi, keberanian, kemandirian, persahabatan, kerjasama, saling dudkung menjadi hal penting dalam kegiatan ini.


10. HEADMASTER’S CUP
Sebuah ajang kompetisi bulutangkis antar kelas baik tunggal maupun ganda putra-putri maupun campuran.
Mengasah kemampuan dibiadang olah raga bulutangkis

11. Dan masih program lain yang mendukung: kegiatan kerohanian, ekstrakurikuler, sistem belajar yang terpantau, tegas dan displin., dan kegiatan pembiasaan yang lain.

Nah mengapa harus SMPK ? ya karena kami beda dan terus beda disitulah jawabannya. Apa yang kami lakukan, kami perbuat untuk peserta didik tidak dilakukan oleh sekolah lain.
Maka Anda tak perlu ragu lagi…
Pastikan putra – putri Anda di SMPK JOOOOSH

********************

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 komentar

Curacao and Kahnawake, for instance, are on the extra cost-efficient end of the scale when comparability 메리트카지노 with} Malta or different EU jurisdictions. Fast Offshore helps purchasers determine which is greatest option|the greatest choice|the most fitted choice} by considering their price range and different business requirements. An Isle of Man betting license allows the licensee to avail themselves of competitive tax rates. Corporate tax on gaming corporations is about at 0% there may be} a|and there's a} low gaming tax between 1.5% and zero.1% of yield, not complete turnover.

Balas